WELCOME IN MY BLOG

Jumat, 21 November 2014

Usaha Kecil Menengah (UKM)

EKONOMI KOPERASI#






DIBUAT OLEH :
YUSTIA KHOLIFAH SANDRA    (19213629)

KELAS : 2EA21



FAKULTAS EKONOMI JURUSAN MANAJEMEN
DOSEN : BAPAK   NURHADI




UNIVERSITAS GUNADARMA
SEMESTER PTA 2014/2015



KATA PENGANTAR


Assalamu’alaikum wr.wb


P

uji syukur saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya saya masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan tugas ini. Tidak lupa saya ucapkan kepada dosen pembimbing dan teman-teman yang telah memberikan dukungan pada saya dalam menyelesaikan tugas ini.

Saya menyadari bahwa dalam penulisan tugas ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman. Amin...

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Bekasi, November 2014

            Penulis

DAFTAR ISI

Kata Pengantar ..... i
Daftar Isi ..... ii

PENDAHULUAN ..... 1
BAB I ASPEK KELEMBAGAAN ..... 3
BAB II ASPEK USAHA ..... 4
BAB III ASPEK KEUANGAN
3.1         Modal ..... 5
3.2         Simpanan Pokok, Wajib dan Sukarela ..... 5
3.3         Laporan Keuangan ..... 6
3.4         Pembagian SHU (Sisa Hasil Usaha) ..... 10
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN ..... 11

PENUTUP ..... 12

KESIMPULAN DAN SARAN

KESIMPULAN
Usaha Kecil Menengah atau yang sering disingkat UKM merupakan salah satu bagian terpenting dari perekonomian suatu negara maupun daerah, begitu juga dengan negara Indonesia. UKM  ini memiliki peranan penting dalam lajunya perekonomian masyarakat. UKM ini juga sangat membantu negara atau pemerintah dalam hal penciptaan lapangan kerja baru dan lewat UKM juga banyak tercipta unit unit kerja baru yang menggunakan tenaga-tenaga baru yang dapat mendukung pendapatan rumah tangga. Selain itu, UKM juga memiliki fleksibilitas yang tinggi jika dibandingkan dengan usaha yang berkapasitas lebih besar. UKM ini perlu perhatian yang khusus dan di dukung oleh informasi yang akurat, agar terjadi link bisnis yang terarah antara pelaku usaha kecil dan menengah dengan elemen daya saing usaha, yaitu jaringan pasar.
Salah satu contoh UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah CV. KARYA FARIZ PUTRA yang bergerak dalam bidang usaha barang-barang bekas, besi tua dan kayu bekas secara impor ataupun ekspor ; dibidang jasa bongkar; bidang pembangunan yang bertindak sebagai pengembang yang meliputi perencanaan, pemborongan; dibidang perbengkelan yang meliputi kegiatan perawatan, pemeliharaan dan perbaikan kendaraan bermotor dan berbagai jenis mesin-mesin termasuk rekondisi dan modifikasi serta usaha-usaha showroom mobil dan motor; dibidang percetakan, memberdayakan hasil-hasil dari penerbitan, penjilidan, penerbitan buku-buku, desain dan cetak grafis, offset; dibidang transportasi, angkutan darat, transportasi penumpang dan pengangkutan barang, ekspedisi dan pergudangan; dibidang jasa terkecuali jasa dalam bidang hukum dan pajak.

SARAN
Saran saya untuk CV. KARYA FARIZ PUTRA, mungkin tetap mempertahankan cara kerja karyawannya kalau bisa lebih ditingkatkan lagi dan mungkin untuk keuntungan atau laba lebih baik ditentukan nominalnya agar lebih baik dan bisa mengetahui keuntungan tiap bulan ataupun tahunnya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar